AHMBS 09: Siapkan Pemimpin Masa Depan

Sebagai bentuk apresiasi kepada pelajar teladan tingkat SMA dari seluruh Indonesia dan penghargaan bagi dunia pendidikan, pabrikan sepeda motor terbesar di Indonesia, Astra Honda Motor (AHM) kembali menggelar Astra Honda Motor Best Student (AHMBS) 2009. Acara yang berlangsung selama empat hari dan digelar di berbagai tempat di Jakarta dari tanggal 13 Desember 2009 hingga 17 Desember 2009 ini juga merupakan bentuk komitmen Honda untuk turut bertanggung jawab memberikan kontribusi sosial terutama dalam bidang pendidikan di Indonesia.

Kali ini, AHMBS 2009 mengikutsertakan enam puluh sembilan pelajar SMA dari seluruh Indonesia. Pelajar SMA yang berhak untuk mengikuti AHMBS 2009 adalah pelajar yang memiliki prestasi akademik maupun non-akademik serta aktif dalam berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan atau kegiatan ekstrakulikuler. Pelajar tersebut juga harus melalui proses seleksi dengan menjadi pemenang pada lomba karya tulis ilmiah yang diadakan oleh Main Dealer AHM di berbagai daerah di seluruh Indonesia sebelum dinyatakan berhak mengikuti kegiatan di Jakarta.

Sayangnya pada pelaksanaan AHMBS 2009 kali ini Sumatra Barat tidak dapat mengirimkan wakilnya sebab dua Main Dealer AHM di Sumatra Barat: CV. Hayati dan Menara Agung, tidak dapat melaksanakan seleksi akibat musibah gempa bumi 30 September 2009 yang lalu. Meskipun begitu, saya sebagai peserta AHMBS 2008 perwakilan Main Dealer CV. Hayati dari Sumatra Barat berhasil merebut salah satu dari tiga tiket yang disediakan AHM yang diperuntukkan kepada pemenang AHMBS 2008 dan dinilai merupakan contoh sukses keberhasilan dari program AHMBS 2008.

AHMBS 2009 dibuka oleh Presiden Direktur Astra Honda Motor, Bapak Miki Yamamoto di pabrik AHM ke-3 di Cikarang. Dalam sambutannya, Bapak Miki Yamamoto mengucapkan selamat kepada para siswa yang terpilih. Ia berharap hendaknya setiap peserta nantinya dapat menjadi duta Honda dan agen perubahan nantinya. “Dengan perjalanan dan pengetahuan yang mereka dapatkan di AHM, kami berharap mereka akan dapat menjadi duta Honda di sekolah dan sebagai ‘agent of change’ di lingkungan tempat tinggalnya. Kami percaya mereka adalah calon-calon pemimpin di masa depan. Semoga kegiatan Astra Honda Motor Best Student yang kami rancang ini dapat dirasakan manfaatnya bagi seluruh peserta,” ujar Bapak Yamamoto.

Sementara itu, Bapak Kristanto selaku Head of Corporate Communication AHM menuturkan AHMBS merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial perusahaan di bidang pendidikan. “Kami ingin mereka termotivasi untuk berpikir visioner, memiliki inovasi yang bermanfaat bagi lingkungannya dan selalu tepacu untuk mencapai jenjang pendidikan yang lebih tinggi,” katanya.

Kali ini, AHMBS 2009 mengambil tema “Indonesian Future Leader, Together We Create a Better Future for Indonesia “. Tema ini dimaksudkan agar setelah mengikuti AHMBS 2009 ini, pelajar diharapkan dapat menjadi agen-agen perubahan untuk menghadapi Indonesia yang lebih baik di masa mendatang. Sementara itu pertentangan-pertentangan, kekacauan dan semuanya dapat diatasi dengan memulai membina suatu rasa persatuan bangsa.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, AHMBS 2009 diisi tidak hanya dengan berbagai kegiatan yang bersifat menghibur dan menggembirakan. Menurut Bapak Yodi Yozardi, Ketua Pelaksana AHMBS 2009 kegiatan ini dibuat penuh dengan nilai pendidikan serta dapat memperkaya khasanah berpikir dan pemicu untuk berprestasi lebih baik lagi. “Kegiatan ini merupakan reward dan kita harapkan para siswa dapat menikmati, ikut bersenang-senang dalam kegiatan ini. Namun dibalik semua hal yang menggembirakan tersebut, kita harapkan semua dapat memetik apa yang ingin kami sampaikan,” kata Bapak Yodi.

Selama empat hari kegiatan AHMBS 2009, secara garis besar acara dibagi menjadi Techno Tourism yaitu kunjungan ke pabrik AHM di Cikarang, Social Questient Simulation yaitu kegiatan outbond di Buperta-Cibubur, dan City Tour yaitu berkunjung ke berbagai tempat wisata dan hiburan di Jakarta.

Pada kunjungan ke pabrik AHM di Cikarang, pelajar dibawa berkeliling pabrik AHM untuk melihat secara langsung mengenai proses perakitan sepeda motor Honda. Melalui kegiatan ini, pelajar diharapkan mendapatkan gambaran mengenai dunia industri, khususnya industri otomotif seperti sepeda motor. Kemudian ada pula pelatihan safety riding yaitu pelatihan mengendarai sepeda motor yang baik dan aman dengan menggunakan sepeda motor Honda secara langsung di lapangan maupun menggunakan simulator.

Kemudian hari kedua adalah kegiatan outbond yang bertempat di Buperta, Cibubur. Kegiatan ini berisi berbagai macam permainan yang dapat memberikan motivasi, semangat, dan terutama menghidupkan jiwa kepemimpinan (leadership) dari para pelajar. Dan hari terakhir adalah City Tour yang merupakan acara rekreasi bagi para pelajar dengan mengunjungi tempat-tempat wisata di Jakarta seperti Monumen Nasional (Monas) dan Dunia Fantasi Ancol.

Satu hal yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, pelajar juga diajak untuk mengunjungi dapur media massa yaitu Majalah Hai. Di sini, tim redaksi Majalah Hai memberikan informasi mengenai majalah Hai tersebut termasuk juga semacam workshop mengenai teknik menulis dan seperti apa dunia jurnalistik itu.

Keseluruhan acara berlangsung sukses dan pelajar sangat antusias mengikuti setiap bagian acara. Dari kegiatan ini tampak kekompakan dan rasa persatuan setiap pelajar sedikit demi sedikit mulai terbangun meskipun pada awalnya pelajar tersebut berasal dari daerah yag berbeda-beda tidak belum mengel satu sama lainnya.

AHMBS 2009 ditutup dengan kegiatan gala dinner yang diisi dengan pertunjukan seni dari pelajar, pemberian award serta beasiswa dengan total Rp 82 juta kepada para pelajar. Penutupan ini juga dimeriahkan dengan kedatangan artis Rini Idol sebagai pengisi acara.

Berakhirnya acara ini membawa harapan dari pihak AHM dan masyarakat Indonesia pada umumnya agar para pelajar dapat lebih aktif di lingkungan masing-masing, dapat lebih melihatkan prestasi mereka baik dalam bidang akademis maupun non akademis dan dapat menjadi manusia-manusia yang lebih bermanfaat bagi lingkungannya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: