AHMBS 08: Momen Perubahan Bagi Pelajar

Berawal dari sebuah komitmen Honda untuk turut bertanggung jawab memberikan kontribusi sosial dalam bidang pendidikan, Astra Honda Motor menyelenggarakan kegiatan Astra Honda Motor Best Student (AHM Best Student) yang diikuti oleh pelajar dari seluruh Indonesia. Kegiatan yang berlangsung sejak tahun 2003 ini merupakan kegiatan rutin tahunan AHM terhadap pelajar yang duduk di bangku SMA kelas 2.

Selain duduk di bangku kelas 2 SMA, pelajar yang berhak mengikuti kegiatan AHM Best Student ini adalah mereka yang duduk dalam peringkat lima besar di sekolah serta aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan atau kegiatan ekstrakulikuler. Yang lebih penting, untuk mengikuti kegiatan ini pelajar tersebut harus membuat sebuah karya tulis maksimal sebanyak lima belas halaman dengan tema yang ditentukan untuk diseleksi pada tingkat provinsi oleh Main Dealer yang ditunjuk oleh Astra Honda Motor.

Untuk tahun 2008 ini, tema karya tulis mengusung tentang “Sepeda Motor Honda yang Ramah Lingkungan dan Kaitannya dengan Isu Global Warming atau Pemanasan Global. Jumlah siswa yang nantinya dipilih untuk mengikuti kegiatan AHM Best Student ini tergantung dari kuota yang diberikan pihak AHM kepada Main Dealer dan kemampuan pelajar tersebut untuk mengikuti kegiatan ini nantinya di Jakarta.

Setelah lolos di tingkat daerah, selanjutnya pelajar berhak untuk mengikuti kegiatan AHM Best Student di Jakarta. Selain itu, pelajar yang lolos berhak mendapatkan beasiswa selama setahun dan uang saku dari AHM.

Kegiatan AHM Best Student 2008 yang dilaksanakan di Jakarta dari 12 hingga 17 Desember 2008 yang lalu, dan juga beberapa tahun belakangan berbeda dengan kegiatan AHM Best Student pada awal pelaksanaannya. Jika pada awal pelaksanaannya, AHM Best Student hanya memperlombakan kembali karya tulis yang dimenangkan oleh pelajar di tingkat daerah kembali di tingkat nasional, maka pada beberapa tahun belakangan ini, karya tulis tidak diperhatikan lagi. Yang amat penting adalah bagaimana pelajar tersebut benar-benar menjadi “Best Student” pelajar terbaik dalam segala hal.

Oleh karena itulah, pada tahun ini kegiatan AHM Best Student diisi dengan berbagai macam kegiatan untuk memperkaya khasanah berfikir dan pemicu untuk berprestasi lebih baik lagi sehingga pada gilirannya siswa-siswa tersebut siap untuk menjadi pemimpin bangsa dan generasinya tanpa menyentuh karya tulis yang diusung mereka pada awalnya sama sekali. AHM Best Student kali ini bertema “metamorphosis”, bertujuan agar acara ini menjadi momen bagi pelajar nantinya untuk mengalami perubahan yang lebih baik di akhir acara ini.

AHM Best Student 2008 kali ini mengumpulkan 79 pelajar dari berbagai daerah di seluruh Indonesia dari Aceh hingga Papua. Lebih dari dua pertiganya atau 58 pelajar adalah perempuan dan 21 pelajar lainnya adalah laki-laki. Dalam sambutannya pada pembukaan AHM Best Student 2008 di pabrik AHM ke-3 di Cikarang yang merupakan salah satu pabrikan sepeda motor Honda terbesar di dunia, Bapak Siswanto selaku Executive Vice President Director, merupakan suatu kebanggaan dan apresiasi bagi pelajar SLTA untuk mengikuti kegiatan ini.

“Kesempatan ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi adik-adik semua untuk berkumpul di AHM Best Student 2008 sekaligus apresiasi kami bagi siswa SLTA berprestasi seluruh Indonesia. Kegiatan ini juga merupakan peningkatan kemampuan untuk persatuan dan kesatuan seluruh Indonesia. Saya percaya kegiatan ini dapat memberikan sesuatu yang bermanfaat untuk hidup yang lebih baik di masa mendatang,” ujar Bapak Siswanto dalam pidato pembukaannya.

Hari pertama pada 13 Desember 2008, kegiatan AHM Best Student bertemakan Techno tourism, menyajikan beragam informasi seputar otomotif, khususnya sepeda motor Honda, untuk memberikan gambaran teknologi yang seimbang antara kemampuan teknologi untuk pemuasan keinginan manusia dan teknolobi yang memberikan pilihan jaminan keselamatan yang kokoh. Peserta akan dibawa berkeliling pabrik AHM di plan tiga Cikarang dengan didampingi direksi AHM. Setiap pelajar juga dibekali pelajaran Safety Riding, berkendara dengan aman dan selamat baik dalam bentuk praktek langsung menggunakan berbagai jenis produk sepeda motor Honda, maupun menggunakan simulator Honda Riding Trainer.

Kegiatan pada hari kedua bertemakan Winning Camp, menyajikan berbagai aktivitas yang dapat meningkatkan kemampuan dalam bekerjasama dan ketrampilan dalam memimpin, seperti memiliki visi yang jelas, cerdik dan efektif dalam berkomunikasi, mau mengambil tanggung jawab, mau memberi lebih, kreatif, mampu membangun kelompok yang tangguh, terampil bermotivasi, dan lain-lain. Aktivitasnya adalah berupa games-games teamwork maupun individual yang bertempat di Taman Safari, Cisarua, Bogor. Pada malamnya, pelajar mengikuti seminar motivasi dan pencerahan untuk hidup yang lebih baik.

Hari ketiga bertemakan Wisdom from Nature, menyajikan pengalaman berbagi dan beraksi dalam charity program pada yang membutuhkan dan juga memperkaya pengetahuan dengan seminar untuk menggelorakan nasionalisme dan semangat persaudaraan antar sesama. Pelajar diajak ke Panti Wreda: Sasana Tresna Wreda di Cibubur, Jakarta Timur untuk bersosialisasi dengan orang-orang tua penghuni panti sekaligus mengambil pengalaman dan pelajaran berharga dari mereka.

Hari keempat bertemakan Adventure City, menyajikan petualangan di ibukota dengan mengunjungi pusat budaya dan pusat kegiatan sosial masyarakat, melihat, terlibat dalam menyelesaikan tantangan dan menumbuhkan kebanggaan terhadap ibukota sebagai anak bangsa.

Hari kelima bertemakan Metamorphosis, menyajikan kisah sukses dan bincang-bincang dengan tokoh sentral Astra Honda Motor untuk memberikan gambaran sisi lain metamorfosa kehidupan, perjuangan, kerja keras, ketekunan, dan kreatifitas untuk menjadi sukses. Kegiatan ini sekaligus mengakhiri penyelenggaraan AHM Best Student 2008.

Selain pelajaran yang dapat diambil dari kegiatan di atas, satu hal yang amat berharga yang pastinya dirasakan oleh seluruh pelajar selama mengikuti AHM Best Student adalah bagaimana mempersatukan diri dalam lingkup nasionalisme Indonesia sebab pelajar yang mengikuti acara ini memiliki berbagai latar belakang yang berbeda. Rasa persatuan itu terus dibentuk selama lima hari hingga menjadi sesuatu yang kuat. Tak heran pada akhir acara ini, rasa haru menyelimuti suasana penutupan. Semua pelajar yang mengikuti AHM Best Student merasa telah menjadi satu dan perpisahan merupakan hal yang sulit diterima.

“Keseluruhan rangkaian ini diharapkan dapat memberi pengalaman yang berharga kepada siswa-siswa berprestasi seluruh Indonesia selama mengikuti rangkaian kegiatan AHMBS 2008, agar dapat menjadi bekal mereka dimasa yang akan datang,” kata Bapak Kristanto, Head of Corporate Communication AHM.

Iklan
Comments
One Response to “AHMBS 08: Momen Perubahan Bagi Pelajar”
  1. LAKSANA ANGGA W berkata:

    Wow! Great! Salam RnB!
    _Angga HBS08_

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: