Target Pencapaian Selama Kuliah

Tidak ingin menjadi mahasiswa biasa-biasa saja, apalagi saya berada di fakultas ekonomi terhebat dan terbaik di Indonesia dengan kawan-kawan dan dosen-dosen yang luar biasa pula, saya ingin memanfaatkan seluruh waktu dan kesempatan saya selama berada di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia untuk meraih banyak prestasi dan pencapaian setinggi mungkin. Oleh karena itu, sejak awal kuliah, saya telah mulai menyusun rencana mengenai target pencapaian yang harus saya raih selama kuliah. Tentunya target tersebut adalah target optimis realistis, bukan sekedar impian belaka tanpa ada kerja keras dan usaha mencapainya. Berikut adalah target pencapaian saya selama kuliah:

IPK Cumlaude (>3.70) dan Lulus 3.5 Tahun
Target ini merupakan target standar mahasiswa FEUI dan sudah seharusnya diraih, apalagi untuk jurusan Akuntansi. Pada awalnya, untuk waktu kelulusan, saya mencoba menargetkan lulus 3 tahun karena ada seorang senior di jurusan Akuntansi lulus dalam waktu 3 tahun. Namun, karena adanya perubahan aturan akademik–seperti pembatasan jumlah sks maksimal yang boleh diambil–yang tidak memungkinkan saya untuk lulus 3 tahun, maka saya kembali ke target standar untuk lulus 3.5 tahun.

Menang Lomba Tingkat Internasional (1x) dan Tingkat Nasional (3x)
Saya tidak ingin jika hanya memperoleh prestasi yang baik di lingkungan kampus namun kalah di persaingan nasional ataupun internasional. Melanjutkan pencapaian-pencapaian saya sebelumnya, saya menargetkan untuk memperoleh prestasi (individual) di tingkat nasional tiga kali dan tingkat internasional satu kali.

Mendapatkan Beasiswa Penuh Sampai Lulus
Mahalnya uang kuliah yang harus saya bayar ditambah dengan living cost membuat saya tidak tega untuk terus-menerus bergantung kepada keuangan orang tua saya. OLeh sebab itu, saya menargetkan untuk mendapatkan beasiswa penuh sampai lulus. Saya kira, di Universitas Indonesia, apalagi di FEUI, banyak pihak yang menawarkan beasiswa penuh. Namun sayang, beasiswa tersebut biasanya diperuntukkan untuk mahasiswa semester 3 ke atas. Saat ini, sambil menunggu dan mencari beasiswa penuh tersebut, saya berminat untuk mengambil beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik) yang besarannya Rp 250 ribu per bulan.

Menghasilkan Uang Rp 50 Juta
Menurut saya, ironis kalau seorang mahasiswa fakultas ekonomi kerjanya cuma memegang dan mengelola duit, bukannya menghasilkan duit. Target saya adalah mampu menghasilkan uang sebesar Rp 50 juta selama kuliah, baik itu dengan cara membuka usaha, kerja part-time, ikut undian, dan sebagainya (yang penting halal).

Terpilih Menjadi Anggota DPM UI/ Ketua BPM FEUI
Idealnya, seorang mahasiswa yang baik adalah mahasiswa kura-kura (kuliah rapat kuliah rapat), bukan kupu-kupu (kuliah pulang kuliah pulang) atau kunang-kunang (kuliah nangkring kuliah nangkring) apalagi kutilang (kuliah tidur hilang). Saya memiliki target untuk menjadi anggota DPM UI, organisasi mahasiswa yang memiliki fungsi legislatif di UI melalui jalur independen/ Pemira di tahun kedua saya kuliah di UI. Jika saya tidak berminat lagi melanjutkan untuk periode selanjutnya, saya ingin menjadi Ketua BPM FEUI, organisasi mahasiswa tertinggi di FEUI.

Menginjakkan Kaki di Dua Benua
Jiwa petualang yang saya miliki membuat saya berhasrat untuk menginjakkan kaki di dua negara di dua benua yang berbeda, yaitu Eropa dan Amerika. Tentunya bukan atas pembiayaan sendiri alias dibayari oleh orang lain. Sebagai mahasiswa, saya mencoba memanfaatkan banyak peluang ke luar negeri seperti menghadiri seminar/ konferensi, mengikuti MUN (Model United Nation), perlombaan, exchange student, dan sebagainya.

Mendapatkan Pekerjaan/ Beasiswa Melanjutkan Kuliah Sebelum Lulus
Dan pada akhirnya, saya berharap agar mendapatkan kepastian mengenai masa depan apa yang akan saya hadapi setelah lulus kuliah nanti, apakah mendapatkan pekerjaan atau melanjutkan kuliah. Saya menargetkan untuk mendapatkan pekerjaan yang bergengsi setelah lulus nanti, apakah itu di accounting firm terkemuka seperti E&Y dan PWC, atau pekerjaan lainnya yang sama baiknya dengan prospek masa depan yang baik pula. Selain itu, jika tidak bekerja, saya ingin melanjutkan pendidikan saya dengan mengambil MBA di luar negeri serta mendapatkan beasiswa penuh.

Comments
2 Responses to “Target Pencapaian Selama Kuliah”
  1. gema teugoeh putra mengatakan:

    keren emil,.
    den jadi termotivasi mambaco iko

  2. aulia shifa fauziah mengatakan:

    semangaaat..semoga sy jg bs sprt Anda..amiinn

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

